Senin, 28 Januari 2013

BAB 1 TIK SEMESTER 2


BAB 1
(SISTEM OPERASI KOMPUTER)


Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain.


A.                       Aktivasi Komputer
Komputer dirancang dari kode-kode program yang sistematis. Agar kode-kode ini dapat berjalan ada aturan-aturan tertentu dalam penggunaan komputer . sebagai pengguna kita harus menaati peraturan yang ditetapkan dalam penggunaan komputer dengan cara menggunakan sesuai dengan prosedurnya sehingga kerja komputer maksimal.
1.      Mangaktifkan Komputer
Mengaktifkan komputer adalah tahap awal sebelum kita bekerja dengan komputer. Adapun langkah-langkah aktivasi awal komputer antara lain:
a.       Pastikan instalasi komputer dalam keadaan baik.
b.      Hubungkan kabel power komputer pada sumber listrik.
c.       Tekan tombol power pada stabilizer atau UPS jika menggunakannya.
d.      Tekan tombol power pada PC.
e.       Tekan tombol power pada monitor.
f.       Windows akan melakukan proses booting.
g.      Windows akan menampilkan desktop. Dengan begitu komputer akan siap digunakan.
2.      Menonaktifkan komputer
Mengakhiri operasi komputer yaitu dengan cara nonaktifkan komputer. Sebelum menonaktifkan komputer, pastikan semua program aplikasi telah telah tertutup dan komputer tidak sedang melakukan proses apapun. Cara menonaktifkan komputer adalah:
a.       Klik start pada Taksbar
b.      Klik Turn Off Komputer
c.       Pilih turn off pada jendela turn off komputer.
B. Operating System (OS) dan Basic Input Output System (BIOS)
Operating System (OS) dan Basic Input Output System (BIOS) adalah dua sistem dasar yang mengatur kerja komputer. Kedua sistem ini bekerja pada lapisan bawah dari komputer. Meski berada pada lapisan bawah kedua sistem ini sangat dibutuhkan dalam komputer. Untuk lebih jelasnya, pelajarilah uraian materi dibawah ini dengan seksama.
1.     Sistem Operasi
Dalam ilmu komputer, sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
a.       Mekanisme boot,yaitu meletakkan kernel ke dalam memori
b.      Kernel,yaitu inti dari sebuah sistem operasi
c.       Command Interpreter/shell,yang bertugas membaca input dari pengguna
d.      Pustaka-pustaka,yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan      standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
e.      Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal,sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sistem Operasi pertama yang digunakan computer system umum (termasuk PC,komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar :
a.       Keluarga Microsoft Windows
Antara lain : Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3x.),Windows 9x (Windows 95,98,dan Windows ME),dan Windows NT (Windows NT 3.X,Windows NT 4.0,Windows 2000,Windows XP Server 2003,Windows Vista,Windows Server 2008,Windows 7 tahun 2009,dan Windows 8 tahun 2012).
b.      Keluarga Unix
Yang termasuk keluarga Unis menggunakan antarmuka system operasi POSIX,seperti SCO UNIX,keluarga BSD(Berkeley Software Distribution),GNU/Linux,MacOS/X (berbasisi kernel BSD yang dimodifikasi,dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
c.       Mac OS
Sistem Operasi yang digunakan untuk computer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh.Sistem Operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard).Musim panas 2011 derencanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).
2.      BIOS
Pengertian BIOS

Bios merupakan singkatan dari Basic Input Output System. Bios merupakan sebuah program atau software antarmuka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer.
Bios disimpan atau ditanamkan di ROM ( read only memory ).

Setiap Motherboard memiliki yang namanya Bios, dan bila bios ini rusak maka kemungkinan besar motherboard tidak dapat digunakan kembali ( kecuali bios di install ulang atau di upgrade ). Karena Bios ditanamkan di ROM, maka kemungkinan kita hanya bisa merubah pengaturan yang telah ada, misalkan kita merubah besarnya memory yang digunakan untuk VGA yang berjenis onboard, atau mengubah waktu dan tanggal, serta mengubah settingan dasar lainnya. Namun yang paling sering dirubah dan perlu diketahui yaitu merubah urutan booting, dan mengecek ada tidaknya suatu komponen komputer yang kita pasang. Misalkan kita memasang harddisk di komputer kita, namun setelah kita cek dibios tidak ada harddisk maka kemungkinan harddisk tidak terpasang dengan benar, jadi bios ini sangat penting peranannya bagi jalannya sistem komputer.

Ada berbagai macam merek Bios, tergantung motherboard yang kita pakai . Yang terkenal yaitu, AMI BIOS, Phoenix BIOS, dll.
Jika anda akan merubah settingan bios, anda dapat melakukannya pada saat proses booting (menyalakan komputer), setiap Bios memiliki cara masing masing untuk masuk ke dalam Menu biosnya, yang paling umum adalah menekan tombol del atau alt+f4. Lihat saja petunjuk yang keluar dilayar monitor pertama kali komputer dinyalakan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Fungsi Bios
1. Mengenali semua hardware / perangkat keras yang terpasang pada PC / Komputer.
2. Inisialisai ( Penyalaan ), serta pengujian terhadap semua perangkat yang terpasang ( Dalam proses yang dikenal dengan istilah Power On Self Test)
3. Mengeksekusi MBR ( Master Boot record ) Yang berada pada sector pertama pada harddisk, yang fungsinya ialah untuk memanggil Sistem Operasi dan Menjalankannya.
4. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting/urutan booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
5. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
Jenis BIOS yang saat ini sangat banyak digunakan adalah:
a.       AWARD BIOS
b.      AMI BIOS
c.       Phoenix BIOS

Untuk masuk pada menu BIOS ada berbagai macam cara tergantung dari BIOS yang anda gunakan. Untuk Award dan Ami umumnya menggunakan tombol Delete pada saat pertama kali komputer di nyalakan.
3.     Hubungan OS dan BIOS
Seperti yang telah kita ketahui BIOS adalah sebuah software kecil yang ditanam/disimpan dalam sebuah memory ROM dengan jenis EPROM /EEPROM,yang bertugas mengidentifikasi dan mengontrol perangkat keras/hardware yang terhubung pada Motherboard,BIOS juga merupakan software yang berjalan pada memory yang terdiri dari semua driver yang meng-interface hardware ke sistem operasi. Sumber informasi yang diperoleh pada BIOS dapat berasal dari beberapa sumber yaitu :
a.       ROM Motherboard
b.      ROM Card Adapter (seperti: soundcard,video card)
c.       Diload ke dalam RAM dari flashdik (device driver)
Sedangkan Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak sistem yang dapat mengatur dan mengendalikan perangkat keras.Sistem Operasi tidak dapat langsung mengendalikan perangkat keras tanpa ada informasi yang diperoleh dari BIOS.
BIOS juga memiliki fungsi bertindak sebagai perantara dari OS,dan tugas OS memberikan kemudahan-kemudahan kepadauser dalam penggunaan komputer.
Dengan adanya BIOS,OS dapat mengontrol,penyimpanan data,input,output dari suatu perangkat ke perangkat lain.Sistem operasi mempunyai 2 tugas utama yaitu :
a.       Pengelola seluruh sumber daya system komputer (sebagai resource manager)
b.      Sistem operasi sebagai penyedia layanan(extended/virtual machine)
Sasaran dari system operasi ini adalah :
a.              Kenyamanan,harus membuat pengguna komputer menjadi nyaman.
b.      Efisien,menjadikan pengguna sumber daya komputer secara efisien.
c.       Mamapu berevolusi,harus dibagun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembanagan,pengujian dan pengajuan fungsi-fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang dijalankan oleh sisitem komputer.


• Menjalankan setup BIOS
saat komputer sedang melakukan booting, tekan tombol DEL sehingga muncul setup bios. untuk mengoperasikan setup bios beberapa tombol yang berfungsi adalah :
1. Esc / escape : keluar dari setup BIOS
2. anak panah : tombol memilih menu
3. D : memodifikasi panjang field
4. F1 : mencari bantuan fungsi tombol
5. F10 : keluar dari setup BIOS dan menyimpan hasil setup
Cara mengoperasikan BIOS adalah dengan menggunakan anak panah, pilih salah satu yang ada di setup.

BIOS adalah program yang pertama kali di-load atau dijalankan oleh komputer pada saat dinyalakan.
Nantinya dari BIOS inilah yang akan menjalankan OS yang ada di komputer.
Jika OS tidak ada, maka BIOS itu sendiri yang akan ditampilkan di layar monitor komputer.

Dampak negative computer tanpa BIOS.
Dampaknya adalah apabila computer tanpa bios computer tidak bias menjalankan operating system karena operating system bisa dijalankan apabila terdapat BIOS.
Dampaknya adalah apabila computer tanpa bios computer tidak bias menjalankan operating system karena operating system bisa dijalankan apabila terdapat BIOS.
C. Sistem Operasi dan Program Aplikasi
Kita dapat melihat system operasi yang dipakai aplikasi pada komputer kita dengan cara :
a.       Pilih tombol Start pada Taskbar.
b.      Pilih Control Panel.
c.       Selanjutnya akan ditampilkan jendela Control Panel kemudian pilih System.
d.      Selanjutnya akan ditampilkan jendela System Properties yang menampilkan informasi sistem komputer yang digunakan.

Selain itu,kita juga dapat melihat program-program aplikasi yang terpasang dalam komputer.Untuk melihat program aplikasi yang terinstall pada komputer kita dapat melihatnya dengan Klik Start-All Programs.Disana akan ditampilkan program-program aplikasi apa saja yang telah terinstall.
Selain itu program aplikasi yang terinstall dapat dilihat pada Winsows Explorer,caranya :
a.       Buka Windows Explorer
b.      Klik directory system (di sini berada pada directory D)
c.       Klik Program Files.Program aplikasi yang sudah diinstal akan ditampilakan di sebelah kanan.




BAB 2
Setting Peripheral
Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan-keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card,dan lain sebagainya. Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dan instalasi software dengan baik dan benar.
A. Mengenal Peripheral Komputer
Kita hidup harus saling tolong-menolong karena dalam hidup ada yang tidak bisa kita lakukan sendiri. Kita butuh bantuan dan dukungan dari orang lain untuk melakukan pekerjaan kita. Seperti halnya komputer, komputer tidak dapat melakukan pekerjaan yang kita berikan tanpa bantuan dan dukungan peralatan lain. Peralatan yang mendukung pekerjaan komputer disebutPeripheral. Berdasarkan kegunaannya peripheral terbagi dua, yaitu:
1.   Peripheral utama (main peripheral) yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh: peripheral utama, yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
2.  Peripheral pendukung (auxilliary peripheral) yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contoh: printer, scanner, modem, webcam, dll.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
1.   Perangkat masukan (input) adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone dan peripheral lainnya.
2.  Perangkat keluaran (output) adalah peralatan yang kalian gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dll.
Untuk menghubungkan perangkat input dan perangkat output ke komputer dengan menghubungkan kabel ke port yang ada di komputer. Berikut ini gambar port-port yang ada di komputer untuk menghubungkan ke konektor peripheral.
1.   Port PS/2
Port ini berbentuk bulat, biasanya digunakan untuk mouse ball atau optical dan keyboard yang berbasis port PS/2.
2.  Port paralel
Port paralel (LPT), biasa digunakan untuk printer atu joystick yang masih menggunakan kabel parallel.
3.  Port serial
Serial port, sebuah port pada komputer yang mentransmisikan satu bit informasi pada satu waktu. Lawan dari serail port adalah paralel port.
4.  Port VGA
Hanya ada pada motherboard dengan onboard VGA.
5.  Port USB
Port USB 1.1/USB 2.0 (Universal Serial Bus)kerena bersifat universal maka port ini dapat digunakan untuk semua hardware seperti mouse, keyboard, printer, flashdisk, camera digital dan lain-lain yang menggunakan kabel tipe USB.
Port-port tersebut ditancapakan pada slot yang beras=da di bagian belakang komputer.
B. Setting Printer Pada Komputer
Printer merupakan salah satu output peripheral komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil pekerjaan ke dalam bentuk cetakan diatas kertas.
1.   Jenis-jenis printer
a. Letter Quality
Letter Quality printer adalah printer yang dapat mencetak dengan kualitas seperti mesin tik jadi tulisannya adalah padat dan jelas. Jenis letter Quality menggunakan element untuk mencetak huruf-huruf, seperti mesin tik IBM elektrik yang menggunakan element bola. Kelemahan dad letter quality printer adalah kecepatanya yaitu rata-rata antara 8-80 karakter per detik tetapi kelemahannya tidak dapat mencetak grafik.

b. Dot Matrix
Printer Dot Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam.
Cara Kerja:
Printer ini membentuk karakter dari sejumlah titk-titik Printer dot matrix mempunyai element yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas. Cara mencetak tersebut dinamakan impact. Kelebihan dari printer ini adalah kecepatan cetaknya yang mencapai 400 cps, yaitu lima kali lebih cepat dan dapat mencetak graflk, tetapi kualitas hurufnya tidak sebagus letter Quality. Kelemahan Cara printer ini bekerja adalah mencetak dari kiri ke kanan , kemudian dari kanan ke kiri pada baris berikutnya sehingga untuk mencetak satu baris teks menjadi lambat.

c. Thermal Printer
Kualitas thermal printer sama dengan dot matrix karena prinsip kerjanya sama, hanya thermal printer menggunakan panas dan bukan tekanan atau impact. Keuntungan dari thermal printer adalah lebih tidak berisik dan mempunyai kecepatan tinggi yaitu 6 halaman per menit, kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus.d. Ink jet
Printer Inkjet menggunakan tinta. Penyemprotannya menggunakan muatan listrik Sehingga labih tenang dan mempunyai kecepatan tinggi yaitu s/d 270 cps, Dan dapat ditengkapi dengan tinta berwarna. Kelemahannya ink jet printer harus menggunakan kertas khusus sehingga cetakan harus kering sebelum wama lain menimpanya.

Cara Kerja:
Printer jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan cairan tinta ke kertas. Printhead printer inkjet diberi nama piezoelectric printheads. Kualitas hasil printer diukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya diukur dengan pages per minute (ppm).e. Laser Printer
Pencetak laser atau Printer laser adalah pencetak untuk komputer yang menggunakan teknologi cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas.

Cara Kerja:
Cara kerja printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy, perbedaanya pada mesin fotocopy bayangannya difokuskan pada silinder yang berputar sedangkan laser printer bayangannya diciptakan dengan titik per titik. Kualitas tulisan laser hampir sama dengan letter quality. Kecepatan mencetaknya adalah 8 halaman permenit Kelemahannya mahal.f. Interface 
Printer dapat dihubungkan dengan komputer secara seri dengan RS-232C atau parallel dengan Centronic. Tetapi karena belum standarnya dunia teknologi komputer dan printer maka untuk menjalankan printer yang berlainan dengan jenis komputemya maka dapat digunakan perangkat lunak.


g. Plotter 
Plotter merupakan salah satu peralatan output yang digunakan untuk menggambar grafik dan lain-lain. Perbedaannya dengan printer menggunakan sistem digital, yaitu analog. Contoh plotter grafik adalah ECG (Electro Cardiograph) yaitu alat yang digunakan untuk mengetahui potensial dari denyutan jantung, atau jarum seismograph untuk mencatat getaran bumi. Plotter dapat menggambar grafik pada kertas, plastik, maupun pada plastik transparan untuk digunakan dalam proyektor.
2. Instal Printer
Sebelum kalian melakukan pemasangan printer ke komputer, perlu cek kabel yang dibutuhkan printer (kabel power dan kabel data), CD drivernya, serta manual book. Jika sudah lengkap lakukan penyambungan printer ke komputer.
Langkah-langkah setting atau pemasangan printer.
a.   Baca manual book dari printer untuk informasi awal printer, jika printer sudah dihububungkan dengan komputer, lakukan langkah berikutnya
b.   Pastikan komputer dalam keadaan mati.
c.   Pastikan juga catu daya printer belum terpasang.
d.   Cek jenis konektor yang ada pada kabel data printer yang menuju ke komputer.
e.   Sambungkan kabel data printer ke komputer.
f.   Kemudian sambungkan catu daya.
g.   Nyalakan power printer.
h.   Untuk mematikan printer maka tekan tombol power atau apabila tidak ada tombol power maka cabut cat dayanya.

Tahap berikutnya adalah melakukan instalasi printer. Sebelum kalian menggunakan printer diperlukan instalasi printer ke komputer.
Langkah-langkah instalasi printer:
a.   Jika komputer melakukan deteksi peripheral baru (Found New Hardware), lepas kabel USB yang tersambung pada komputermu. Maka layer akan tertutup. Pada keadaan ini proses I berjalan
b.   Klik cancel untuk keluar dari layar.
c.   Matikan printer dengan menekan tombol power di printer. Pastikan bahwa lampu power printer berhenti berkedip.
d.   Nyalakan komputer, kemudian masukkan CD-driver ke dalam CD-ROM.
e.   Konfirmasi daerah, klik daerah tempat tinggal kita pada jendela konfirmasi. Klik Next. Ketika tampilan pemilihan bahasa muncul, pilih bahasa yang sesuai, lalu klik selanjutnya.
f.   Klik Easy Install, Driver, aplikasi perangkat lunak, dan tampilan manual semua menginstall secara otomatis.
g.   Klik install.
h.   Klik Yes untuk melanjutkan instalasi.
i.    Ketika tampilan hubungan alat cetak muncul, sambungkan salah satu kabel USB pada komputer, kabel yang lain ke printer, kemudian nyalakan printer.
j.    Klik Next
k.   Klik Next
l.    Klik Next. Masukkan nomor seri dari printer, yang terletak dalam printer.
m. Ketika tampilan perluasan program muncul klik Agree untuk meyetujui. Apabila kita mengklik Do not Agree, program perluasan survey tidak dapat diinstal.
n.   Klik Exit.
C. Setting Monitor
Setting tampilan monitor disebut dengan istilah display. Pengaran display terdapat pada control panel. Untuk membuka setting display caranya:
1.   Klik tombol start
2.  Klik Control Panel
3.  Klik Display

1.   Mengganti Tema Windows
Tema adalah tampilan yang mendasari tampilan windows, seperti warna latar, tombol dan lain sebagainya. Tampilan dasar tersebut dapat kalian ganti sesuai dengan keinginan kalian. Untuk mengganti tema caranya:
a.   Masuk Display Properties,
b.   Klik tab,
c.   Klik pilihan pada combo box Theme,
d.   Pilih tema yang ada dengan cara klik tema pilihan,
e.   Klik Apply kemudian OK.
2.  Mengganti wallpaper
Wallpaper adalah gambar latar pada tampila desktop. Gambar ini secara otomatis ada bersamaan dengan tema yang kita pilih. Akan tetapi gambar ini dapat diganti sesuai dengan keinginak=n kita. Untuk mengganti wallpaper pada windows 7 caranya:
a.   Masuk Display Properties,
b.   Klik tab Desktop,
c.   Pilih gambar yang disediakan pada list box Image Selection dengan cara klik pilihan gambar. Gambar yang anada pilih akan ditampilkan pada preview sebelah kanan. Jika kalian ingin mengganti dengan koleksi gambar atau foto klik tombol browser.
d.   Setelah muncul jendela Browser tentukan letak penyimpanan gambar pada combo box look in,
e.   Pilih gambar dan klik Open jika sudah selesai,
f.   Atur posisi gambar pada combo box position,
g.   Setelah selesai Klik Apply kemudian OK.
3.  Mengganti Screensaver
Screensaver adalah gambar yang muncul bebetapa waktu ketika komputer tidak mendapat perintah apapun. Untuk menambah screensaver pada windows 7 caranya:
a.   Masuk Display Properties,
b.   Klik tab Screensaver,
c.   Pilih screensaver pada combo box yang disediakan. Screensaver yang kalian pilih akan ditampilkan pada layar preview sebelah kanan. Untuk melihat tampilan secara utuh kalian dapat klik tombol Preview,
d.   Atur waktu pemunculan Screensaver. Waktu ini adalah batasan komputer diam tidak menerima perintah sehingga harus menampilkan screensaver,
e.   Klik tombol Apply kemudian OK.
4.  Mengatur Resolusi
Untuk mengatur resolusi pada layar monitor caranya:
a.   Masuk Display Properties,
b.   Klik tab Setting,
c.   Geser screen resolution. Semakin tinggi resolusinya akan semakin halus dan kecil tampilan gambar dan sebaliknya,
d.   Klik Applu kemudian OK.
D. Setting Regional
Regional Settings adalah pengaturan pada komputer mengenai tanda atu lambang dari suatu negara tertentu.
Langkah-langkah untuk setting regional ini adalah sbb:
1.   Klik Start
2.  Klik Control Panel
3.  Klik Regional ang Languange Option
4.  Klik tab Regional
5.  Pilih lokasi
6.  Klik Apply kemudian OK.

BAB 3
Manajemen File

MANAJEMEN FILE

Hal pokok yang harus kita pelajari agar dapat mengoperasikan komputer dengan baik adalah mengelola file dan mengatur peripheral  komputer.
Aktivitas manajemen file terdiri atas penempatan file dalam folder yang sesuai, membuat folder, penggantian nama file/folder, pemindahan file ke folder lain, penghapusan file/folder yang tidak diperlukan lagi, dan sistem backup data agar ada file cadangan jika terjadi kerusakan file dalam komputer.
Untuk mendapatkan keuntungan manajemen file, anda harus memahami langkah-langkah manajemen file yang benar. Anda juga harus memperhatikan file-file yang tidak boleh diubah terutama untuk file-file sistem di dalam folde C:/Windows karena isi folder tersebut digunakan untuk mengatur sistem dalam komputer anda. Karena perubahan nama maupun letak file sistem dapat mengganggu kinerja komputer.
Windows Explorer adalah program aplikasi yang digunakan untuk pengaturan file dan folder pada sistem operasi Windows. Folder adalah tempat atau ruang penyimpanan file-file yang anda pergunakan. Dengan adanya Windows Explorer anda dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan pengaturan file seperti: menyalin, memindah, menghapus, dan memformat media penyimpanan file (misalnya disket atau USB Flash Disk).
·         Manajemen dalam pengertiaanya adalah mengatur atau mengelola.
·         File disebut sebagai berkas atau suatu kumpulan data dan informasiyang terstruktur.
jadi manajemen file adalah mengatur dan mengelola informasi yang berbentuk file di dalam media penyimpanan komputer.
·         Ekstension file, bisa dikatakan suatu karakteristik atau ciri dari jenis file tersebut, terbagi dalam beberapa jenis file:
1. Jenis file gambar mempunyai beberapa ekstensi, seperti: jpg, gif, tiff, bmp, png.
2. Jenis file suara mempunyai beberapa ekstensi, seperti: mp3, wav, wma, amr.
3. Jenis file video mempunyai beberapa ekstensi, seperti: avi, mpg, flv, rm, mp4.
4. Jenis file dokumen mempunyai beberapa ekstensi, seperti: doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx, rtf.
·         Selain jenis file, terdapat juga atribut file, diantaranya:
1. Hidden, artinya file tersebut akan disembunyikan oleh sistem operasi.
2. System, artinya file tersebut merupakan bagian dari sistem operasi.
3. Read only, artinya file tersebut hanya dapat dibaca dan tidak dapat dimodifikasi.
4. Archieve, artinya file tersebut merupakan backup dari file yang asli.
Dalam pengelolaan file ataupun folder, diusahakan tidak memindahkan atau mengganti nama file atau folder yang terdapat dalam C:\Windows (tempat penyimpanan file system perangkat lunak sistem operasi) dan C:\Program Files(tempat penyimpanan perangkat lunak program aplikasi)
Menggunakan Windows Explorer dalam manajemen file dan folder.
1.   NEW FOLDER: Membuat Folder baru, Pilih tempat (folder) mana yang diinginkan untuk membuat folder baru, klick kanan di area kosong disebelah kanan, pilih new, dan klick folder, ketikkan nama folder, dan tekan enter.
2.  DELETE: Menghapus Folder ataupun File, Seleksi folder atau file yang ingin dihapus, ==>pada keyboard tekan Del atau Ctrl+D (untuk penghapusan file dan tersimpan di Recycle Bin), atau tekan Shift+Del (menghapus file secara permanen). ==> pada mouse klik kanan pada folder atau file yang diseleksi pilih delete, kemudian klick Yes untuk menghapus dan No untuk membatalkan hapus.
3.  RENAME: Mengganti nama folder ataupun file, Seleksi folder atau file yang ingin diganti, ==>pada keyboard tekan F2, ganti nama file (jangan dihapus ekstensi filenya). ==> pada mouse klik kanan pada folder atau file yang diseleksi pilih rename ganti nama file (jangan dihapus ekstensi filenya).
4.  CUT: Memindahkan folder atau file, pilih folder atau file, ==>pada keyboard tekan Ctrl+X, dan pindahkan ke tempat lain yang diinginkan dengan cara tekan Ctrl+V (PASTE). ==> pada mouse klik kanan pada folder atau file yang diseleksi pilih cut, dan pindahkan ke tempat lain yang diinginkan dengan cara klik kanan pilih paste.
5.  COPY: Menyalin folder atau file, pilih folder atau file, ==>pada keyboard tekan Ctrl+C, dan pindahkan ke tempat lain yang diinginkan dengan cara tekan Ctrl+V (PASTE). ==> pada mouse klik kanan pada folder atau file yang diseleksi pilih copy dan pindahkan ke tempat lain yang diinginkan dengan cara klik kanan pilih paste.
RECYCLE BIN; fungsinya menampung secara sementara folder atau file yang dihapus (penghapusan tidak permanen)
1.   Membatalkan penghapusan. Pilih panel folder recycle bin atau icon, kemudian pilih folder atau file yang ingin dibatalkan penghapusannya, selanjutnya klik kanan pada tempat yang diseleksi dan pilih restore.
2.  Membersihkan recycle bin. Pilih panel folder recycle bin atau icon, selanjutnya pilih empty recycle bin atau dengan cara klick kanan di tempat yang kosong fan pilih empty recycle bin.

A.      Manfaat Manajemen File
1.      Mengatur data atau file di komputer;
2.      Memudahkan pencarian file;
3.      Cara untuk menghemat media penyimpanan hard disk dengan menghapus file yang tak diperlukan;
4.      Mengurangi risiko kehilangan data dengan membuat backup (file cadangan).



BAB 4
Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata  adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak.
Jenis-jenis Software Pengolah Kata
Jenis-jenis program pengolah kata sangat banyak, beberapa diantaranya yaitu :
* AbiWord
* KWord
* Microsoft Works Word Processor
* StarOffice Writer
* WordPerfect
* WordPad
* Chiwriter
* WordStar
A.Memulai Microsoft Word 2007

Untuk memulai menggunakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 langkah-langkahnya adalah:
1.      Klik Start pada Taskbar,
2.      Pilih All Program,
3.      Pilih Microsoft Office,
4.      Klik Microsoft Office Word 2007.
Cara lain untuk mengaktifakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 adalah dengan double klik ikon shortcut Microsoft Office Word 2007 yang terdapat pada desktop.
Setelah kita klik Microsoft Word 2007 maka CPU akan memproses perintah yang kita berikan untuk membuka program Microsoft Word 2007.Sebagai tanda bahwa CPU telah melaksanakan perintah yang kita berikan pada desktop akan ditampilkan jendela program Microsoft Word.


Bagian-bagian Microsoft Word
1.          Office Button atau Tombol office adalah tombol berbentuk bulat di sebelah kiri atas pada produk Microsoft Office 2007 dan 2010. Fungsi Office button adalah untuk menampilkan menu-menu New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close dan Optoins. Adapun fungsi dari sub menu office button adalah sebagai berikut :
2.      Quick access toolbar atau bar percepatan menu berisi tombol-tombol menu yang digunakan untuk mempercepat perintah dalam pengerjaan dokumen. Tombol-tombol menu dalam Quick Access Toolbar ini merupakan shortcut dari perintah yang ada di Office Button.
3.         Title bar atau daerah judul berisi tentang informasi dan nama dokumen yang sedang dikerjakan.
4.         Minimize button,yaitu tombol yang digunakan untuk memyembunyikan
5.         Restore,untuk menampilkan kembali jendela dengan ukuran sebelumnya.
6.         Exit button,digunakan untuk menutup atau keluar dari lembar kerja.
7.         Ribbon tool atau pita peralatan merupakan tempat menu-menu perintah yang digunakan untuk mengedit dokumen. Ribbon Menu terdiri atas Menu Bar dan Toolbars. Menu Bars (baris menu) berisi barisan perintah menu, yaitu menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Reviews. Sedangkan toolbars berisi tombol perintah menu yang meruapakan isi dari menu-menu perintah dalam menu bar. Tampilan Toolbars berubah-ubah tergantung pada menu yang diaktifkan.
8.         Horisontal ruler atau pengaris mendatar yaitu suatu skala untuk pengukuran lebar lembar kerja dalam satuan inci atau sentimeter,tergantung setting yang digunakan.
9.         Vertical ruler atau penggaris berdiri yaitu suatu skala untuk pengukuran panjang lembar kerja dalam satuan inci atau sentimeter,tergantung setting yang digunakan.
10.       Status bar atau daerah status dokumen menampilkan informasi tentang posisi kursor, jumlah halaman, jumlah kata, serta informasi lain tentang dokumen yang sedang dikerjakan.
11.        Document Area terletak di tengah jendela berupa area putih seperti kertas kosong yang siap untuk ditulis. Daerah ini merupakan daerah untuk mengetik dan mengedit dokumen.
12.       Zooming button yaitu tombol yang berguna untuk mengatur besar kecilnya tampilan halaman.
13.       Cursor (kursor) merupakan garis tegap berkedip. Semua karakter yang diketik akan muncul dari Cursor ini.
14.       Zooming slider slide yang digunakan untuk mengatur besar kecilnya tampilan halaman.
15.       Horisontal scroll bar atau penggulung mendatar digunakan untuk menggeser lembar kerja ke kanan atau ke kiri.
16.       Vertical scrollbar atau penggulung berdiri digunakan untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.
17.       Ruller merupakan mistar untuk mengatur Tab, Margin, dan Indent
18.       Scroll Bar berfungsi untuk menggeser layar dokumen kerja. Jika menggeser layar dokumen kerja ke kiri atau ke kanan, gunanaya Horizontal Scroll Bar sedangkan jika untuk menggeser layar dokumen kerja ke atas dan ke bawah, gunakan Vertical Scroll Bar.

B.Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Word 2007

1.      Office Button
Office Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :

Nama
Fungsi
New
New adalah pilihan untuk membuat dokumen baru.
Open
Open adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.
Save
Save adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
Save As
Save As adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
Print
Print adalah pilihan untuk mencetak dokumen.
Prepare
Prepare adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.
Send
Send adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atau internet Faximile.
Publish
Publish adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog atau dokumen managemen server.
Close
Close adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.
2.      Tab Menu Insert
berisi perintah untuk menyisipkanobjek pada dokumen seperti gambar,table,grafik,dsb.

a. Tables
Nama
Fungsi
Pivot Table
Meringkas data menggunakan Tabel Pivot atau untuk menyisipkan Chart Pivot.
Table
Untuk membuat tabel.

b.Ilustrations
Nama
Fungsi
Picture
Menyisipkan gambar.
Clip Art
Menyisipkan gambar Clip Art.
Shapes
Menyisipkan bentuk-bentuk dasar.
SmartArt
Menyisipkan grafik SmartArt.

c. Charts
Nama
Fungsi
Column
Menyisipkan grafik batang.
Line
Menyisipkan grafik garis.
Pie
Menyisipkan grafik pie.
Bar
Menyisipkan grafik dalam bentuk mendatar.
Area
Menyisipkan grafik area.
Scatter
Menyisipkan grafik scatter (menyebar).
Other Charts
Pilihan  grafik yang lain.
d. Links

e.Text
Nama
Fungsi
Text Box
Menambah text box (kotak teks).
Header & Footer
Menambah header dan footer dokumen.
Word Art
Menambah tulisan artistik WordArt.
Signature Line
Menambah garis tanda tangan.
Object
Menambah objek Microsoft Office.
Symbol
Menambah simbol-simbol.

3.         Tab Menu Home
Menu Home berisi operasi standar pada pengolahan data Ms Excel, seperti menyalin data, mengatur huruf, perataan teks, dan lain sebagainya. Ribbon yang terdapat pada menu Home adalah :
a. Clipboard
Nama
Fungsi
Paste
Menampilkan data hasil Cut atau Copy
Cut
Memindahkan data dengan cara dipotong
Copy
Menyalin data
Format Pointer
Menyalin format data dan mengaplikasikan pada data yang lain.

b. Font
Nama
Fungsi
Font
Mengatur pilihan jenis huruf
Font size
Mengatur pilihan ukuran huruf
Bold
Membuat cetakan huruf tebal
Italic
Membuat cetakan huruf miring
Underline
Membuat cetakan huruf garis bawah
Increase Font size
Menambah ukuran huruf
Decrease Font size
Mengurangi ukuran huruf
Border
Menambah bingkai pada tabel
Fill color
Memberi warna pada tabel
Font color
Memberi warna pada huruf

c. Alignment
Nama
Fungsi
Top Align
Mengatur posisi teks berada di atas
Middle Align
Mengatur posisi teks berada di tengah
Button Align
Mengatur posisi teks berada di bawah
Orientation
Mengatur posisi teks dengan posisi menurun atau miring.
Align Text Left
Mengatur paragraf rata kiri
Align Text Center
Mengatur paragraf rata tengah
Align Text Right
Mengatur paragraf rata kanan
Decrease Indent
Mengatur teks menjorok keluar
Increase Indent
Mengatur teks menjorok ke dalam
Wrap Text
Menampilkan data dalam satu sell dengan tampilan beberapa baris
Merge & Center
Menggabungkan dua sell atau lebih

d. Number
Nama
Fungsi
Number format
Mengatur format angka
Accounting number format
Mengatur format angka dalam laporan keuangan
Percent style
Menambah simbol persen (%)
Comma style
Menambah simbol koma (,)
Increase decimal
Menampilkan desimal secara lebih sederhana
Decrease decimal
Menambah angka desimal

e. Styles
Nama
Fungsi
Conditional formatting
Mengatur format dengan kondisi tertentu
Format as table
Mengatur format tabel
Cell style
Mengatur style cell

f. Cells
Nama
Fungsi
Insert
Menambah sell
Delete
Menghapus sell
Format
Mengatur sell

g. Editing
Nama
Fungsi
Sum
Bantuan penggunaan fungsi Excel
Fill
Meneruskan pola urutan angka
Clear
Menghapus segala sesuatu yang `da di dalam sell terpilih
Sort & filter
Mengatur data sehingga lebih mudah untuk menganalisis
Find & select
Mencari dan memilih teks tertentu, format atau jenis informasi dalam workbook.

4.      Page Layout

a. Themes
Nama
Fungsi
Themes
Mengatur tema dokumen.
Color
Mengatur warna pada tema.
Font
Mengatur huruf pada tema.
Effect
Mengubah efek untuk tema.

b. Page Setup
Nama
Fungsi
Margin
Mengatur batas tepi dokumen.
Orientation
Mengatur posisi dokumen.
Size
Mengatur pilihan ukuran dokumen.
Print Area
Menentukan lokasi yang akan dicetak.
Breaks
Memberi jarak dokumen.
Background
Mengatur latar dokumen.
Print Tiles
Menentukan baris dan kolom untuk diulang setiap mencetak.

c. Scale to Fit
Nama
Fungsi
Width
Menentukan lebar dokumen ketika dicetak.
Heigth
Menentukan panjang dokumen ketika dicetak.
Scale
Menentukan skala dokumen ketika dicetak dengan file Excel.

d. Sheet Options
Nama
Fungsi
Gridlines
Mengatur garis grid nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.
Heading
Mengatur heading nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.

e. Arrange

C.Mengatur Tampilan Microsoft Word 2007

1.      Mengatur Tampilan Menu
Kadang kala tampilan lembar kerja kita terlihat terlalu sempit,mungkin karena monitor yang kurang lebar,ditambah lagi daftar menu-menu/Ribbon yang ada di office 2007 yang sedikit menyita tempat pula.Untuk mengatasi itu,kita dapat menghilangkan tampilan daftar menu-menu/ribbon tersebut agar lembar kerja terlihat lebih luas.Langkah-langkahnya sbb :
a.       Aktifkan Microsoft Office Word 2007,
b.      Klik kanan pada daftar menu-menu,(boleh di mana saja asal masih di area daftar menu),
c.       Kemudian pilih dan klik “Minimize the ribbon”
d.      Maka menu-menu yang ada tidak akan terlihat lagi.Menu-menu tersebut akan hilang tetapi hanya di Minimize atau di-hide.Untuk menampilkan menu-menunya lagi cukup klik salah satu menu yang ada,misalnya menu insert,setelah menu diklik,maka secara otomatis menu-menu yang ada di menu insert akan terlihat.
Dan otomatis akan hilang pada saat kita klik kembali di area lembar kerja.Klik kembali salah satu menu yang ada untuk menampilkan kembali.
a.       Untuk mengembalikannya seperti semula,cukup klik kanan kembali di area daftar menu seperti dilangkah ke-2,kemudian hilangkan check list yang ada di “Minimize the ribbon” maka menu-menu yang tadinya tidak tampil akan ditampilkan kembali seperti semula
b.      Untuk cara tercepat,cukup tekan saja tombol Ctrl+F1 untuk menyembunyikan dan menampilkan menu ribbon tersebut.


2.      Mengatur Tampilan Ikon
Ikon-ikon yang sering kita gunakan dapat ditampilkan pada Quick Access Toolbar sehingga lebih mudah penggunaannya.Untuk mengatur ikon apa saja yang ditampilkan caranya :
a.       Klik opsi pada Quick Access Toolbar,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar